Film Blengkrah, Semangat Patriotisme Jangan Sampai Pecah
Sumber Gambar : BingkaiBinangun

Lama tak jumpa, kini aksara kembali menghadirkan suguhan karya film indie lawas karya anak muda kulon progo. Film yang diberi judul "Blengkrah" dan diproduksi awal tahun 2016 ini yang mengandung makna nasionalis dan patriotis melalui anak muda yang berperan sebagai Meru dalam film tersebut. Walaupun dalam pembuatannya termasuk kedalam filmsprint atau hanya digarap selama satu kali 24 jam dengan alat seadanya ini, rasa dan makna dalam film Blengkrah tak bisa diabaikan.

Film yang naskahnya ditulis oleh Bayuarga Damar dan disutradari oleh Medyasasi ini menjadi unik dengan tema pentingnya peran anak muda bagi daerahnya. Dengan sentilan akan keharusan sikap patriotis yang harus dimiliki anak muda, yang semakin dini semakin luntur. Dan kesemua itu dikemas secara apik dan metaforik.

Sosok Meru yang diperankan oleh Giranda Septa Aji dan Aik yang diperankan oleh Risqi Akhi Satyawan ini menjadi komparasi liar dalam hal semangat untuk mewujudkan sebuah mimpi.

Meru bermimpi untuk memajukan industri mebel di Kulon Progo. Ia bertekad memperkerjakan pemuda – pemuda di daerahnya dengan potensi sumber daya alam yang di miliki Kulon Progo. Sedangkan Aik, seorang temannya anak orang kaya berbeda dengan pendirian Meru. Aik hanya memikirkan kepentingan sesaat. Suatu saat mereka berdua berpisah mengejar tujuan masing – masing.

Meru bekerja keras sesuai dengan tekad yang ia miliki. Ia berpikir orang miskin seperti dia pasti mampu menjadi pengusaha sukses. Sedangkan Aik pergi keluar kota untuk kuliah dan hanya berpikir yang terpenting bagi dirinya adalah uang dari orang tuanya terus mengalir. Aik pun selesai menempuh kuliah. Akibat sikapnya yang acuh terhadap masa depannya, Ia kesulitan mencari pekerjaan. Dia lulusan dalam bidang desain interior.

Di kota lapangan kerja untuk orang seperti dia sulit untuk dicari. Maka ia kembali pulang ke Desa. Pekerjaan – pekerjaan sampingan pun sulit ditemuinya.

Ingin tahu kelanjutan ceritanya? Mari siapkan kopi, satu set sepiker dan elsidi. Mari menonton

Kelir Lainnya : SAMBANGLAKU#1, Perdjoeangan Simbah Veteran

Beriklan Disini Beriklan Disini