Mantan Pemecah Batu Bisa Berdaya Lewat Kelompok Wanita Tani
Sumber Gambar : Dok_pribadi

Sebanyak 15 kuli pemecah batu di Dusun Pereng, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih beberapa tahun terakhir beralih profesi menjadi produsen keripik dan tepung umbi setelah bergabung dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati.

Di dusun ini, profesi pemecah batu jamak dilakukan oleh perempuan di sana. Mereka memecah batuan besar supaya berukuran kecil sehingga bisa digunakan untuk bahan bangunan. Namun, karena banyaknya penggunaan alat mesin, perempuan mulai beralih untuk tak lagi menjalani pekerjaan ini.

Ketua KWT Melati, Yuliana bercerita banyak perempuan Dusun Pereng yang terbiasa bekerja di samping melakoni urusan domestik di rumah. Untuk memfasilitasi mereka, dibuatlah KWT Melati yang difungsikan untuk mengolah hasil tani dari kelompok tani di Pereng.

Di sana banyak potensi umbi dan pisang. Dengan peralatan sederhana, komoditas itu mereka olah menjadi tepung dan keripik. Sejak sembilan tahun terakhir, mereka memproduksi emping dan tepung yang berbahan dasar umbi garut.

Tak dinyana, omzet yang didapat lewat produksi olahan umbi-umbian ini bisa mencapai belasan juta rupiah. Produk tepung omzetnya Rp25-30 juta perbulan, sementara produk keripik berkisar Rp15-25 juta perbulan.

Hal ini jauh timpangnya jika dibandingkan pendapatan yang diperoleh saat memecah batu yang hanya berkisar Rp800 untuk satu keranjang bambu. Walau itu hanya sekadar pekerjaan sambilan, namun Yuliana menyebut perjuangan perempuan sangat berat jika harus melakoninya terus-menerus.

Kini, kelompok ini juga mendapat pendampingan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo dan Dinas Perdagangan Kulonprogo. Sehingga KWT Melati terus berinovasi membuat produk emping dan tepung dari singkong, talas, dan pisang dengan rincian enam jenis tepung, empat jenis keripik, dan minuman teh rosella.

Inovasinya bahkan tak hanya untuk penganan kecil dan camilan. Umbi-umbian itu yang diolah menjadi tepung itu justru khasiatnya baik untuk penyandang disabilitas dan autis, sebab bebas glutten.

Beriklan Disini Beriklan Disini