Protokol Saat Sampai di Rumah Sehabis Bepergian
Sumber Gambar : Bagas_Wikantyasa

Merebaknya pandemi virus corona atau yang disebut Covid-19 membuat kita harus ekstra hati-hati. Penyebarannya yang sangat cepat membuat sebanyak 1.790 orang di Indonesia positif terinfeksi virus ini per hari ini (2/4/2020) sejak kasusnya ditemukan pertama kali satu bulan yang lalu pada (2/3/2020).

Meski begitu, kita tidak boleh panik. Sebab, ada sejumlah cara yang bisa mencegah kita tertular virus ini. Anjuran pemerintah untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta physical distancing barang tentu jadi hal yang selalu kita lakukan setiap saat.

Pemerintah juga meminta masyarakat untuk #dirumahaja supaya meminimalisir mobilitas orang yang berpotensi memperluas penularan virus. Anjuran itu bahkan diturunkan oleh sejumlah kampus yang menerapkan pembelajaran jarak jauh/di rumah serta beberapa perusahaan yang memperbolehkan pegawainya untuk bekerja dari rumah. Kamukah salah satu yang mengalaminya?

Namun, masih ada sebagian kawan-kawan kita di luar sana yang masih punya kewajiban untuk bekerja dari luar rumah. Kita sendiri yang bekerja dari rumah pun sesekali masih harus keluar rumah, entah untuk membeli kebutuhan makanan atau kewajiban lain.

Pernahkah terpikir dalam benakmu siapa tahu kamu membawa pulang virus sehabis dirimu berkeliaran di luar rumah? Kemungkinan itu bisa saja terjadi, lho! Tapi jangan panik dulu, hal ini bisa diminimalisir jika kamu menaati sejumlah protokol begitu sampai rumah sehabis bepergian berikut ini.

  • Taruh alas kaki di luar

Sebisa mungkin jangan bawa alas kakimu ke dalam rumah. Letakkan dia di tempat teduh di luar rumah dan semprot disinfektan jika sedang tidak digunakan. Membawa alas kaki hingga ke dalam rumah hanya membuatmu membawa peluang virus ke dalam rumah semakin besar karena kamu tidak mungkin kan selalu mencuci alas kakimu setiap hari?

  • Bersihkan tangan

Gunakan hand sanitizer atau cuci tangan sebelum membuka pintu rumah. Hal ini penting supaya kamu tidak menyebarkan virus itu lewat gagang pintu.

  • Jangan bersandar/menyentuh apapun

Begitu masuk rumah, jangan dulu duduk-duduk, bersandar, atau menyentuh barang-barang lainnya di rumah. Letakkan barang-barangmu di tempat yang jarang dijangkau anggota keluarga lain.

  • Hindari kontak dengan keluarga

Jangan dulu kontak dengan keluargamu, apalagi jika keluargamu punya imun tubuh yang lemah. Pastikan kamu membersihkan tubuhmu dulu sebelum berkontak dengan mereka. Namun, tetap jaga jarak sejauh minimal 1 meter.

  • Mandi dan ganti baju

Sebisa mungkin segera mandi begitu sampai rumah. Jangan lupa juga ganti bajumu dan taruh baju kotormu di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Kebiasaan menggantung baju yang kamu rasa belum begitu kotor juga sebaiknya dikurangi.

  • Bersihkan barang-barang yang selalu kamu pakai

Ponsel, kacamata, dan gadget lainnya perlu dibersihkan dengan sanitizer. Kamu bisa sapukan lap lembut yang sudah diberi alkohol ke permukaan barang-barangmu.

Sekali waktu mungkin menurutmu sangat merepotkan. Namun, semua upaya perlu terus dimaksimalkan untuk mencegah penularan virus corona ini. Lama-kelamaan perilaku ini justru mungkin akan jadi kebiasaanmu di kehidupan sehari-hari.

Beriklan Disini Beriklan Disini