Spot Favorit untuk Iklim Baca yang Asyik
Sumber Gambar : instagram @erfoamanda

Berada di urutan 2 terbawah dalam rangking minat baca yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, belum pantas rasanya Indonesia disebut negara melek literasi.

Di Indonesia sendiri, Yogyakarta menyandang predikat sebagai provinsi dengan minat baca tertinggi dibanding daerah lain. Kita patut berbangga lho, lur! Akan tetapi, angka minat baca di Yogyakarta rupanya masih tergolong cukup memprihatinkan. Nilai indeks baca masyarakat Yogyakarta berada di angka 0,09, Itu berarti setiap 1000 warga hanya ada 90 orang yang membaca buku. Cukup ngenes ya lur. Jogja dengan predikat Kota Pelajar-nya aja segitu, bagaimana dengan daerah lain?

Mari sejenak kita berkunjung ke Kulon Progo. Penelitian mengenai minat baca di sini agaknya belum ditemukan. Meski begitu, patutlah kita bangga dengan fasilitas yang mendukung minat baca di negeri ini.

Indonesia berada pada peringkat menengah yaitu di angka 36,5 untuk pengadaan fasilitas perpustakaan.

Hal ini turut didukung dengan adanya perpustakaan di tiap sekolah yang dianggarkan pemerintah melalui dana BOS. Pasti dulur ingat kan, dengan buku bacaan di perpustakaan sekolah yang didominasi buku pelajaran, selain novel sastra lama angkatan N.H. Dini sampai Marah Rusli?

Selain itu, rupanya di Kulon Progo terdapat beberapa tempat yang asyik untuk baca buku lho! Beberapa spot ini sangat recommend banget buat kamu yang ingin menghabiskan waktu, entah sekedar bercumbu dengan buku, atau nongki-nongki asique sambil sesekali mengusik. Apa saja sih? Scroll down!

1. Mbah Pangi

Mbah Pangi, SoloPos

Sumber Gambar : SoloPos.com

Kalau sedulur sedang ingin suasana nongkrong yang jadul bin vintage, lokasi satu ini patut dijadikan wishlist. Yak, Mbah Pangi merupakan angkringan di Kota Wates yang berkonsep rumahan jaman dulu, tepatnya di selatan Lapangan Bendungan. Di sini, sedulur diajak untuk bernostalgia dengan barang-barang tempo dulu. Tak usah khawatir kantongmu bakal terkuras disini, Lur! Tak hanya bersahabat di perut, harga angkringan citarasa restoran pun pasti akan sangat nyaman untuk kantongmu.

Di salah satu sudutnya, kamu bakal menemukan rak buku tinggi. Jangan kaget kalau menemukan buku tebal tentang Psikologi dan Ekonomi di antara novel-novel lokal dan terjemahan, ya! Buku-buku itu menunggu untuk bisa sedulur baca di tempat, lho!

2. Sugriwo Subali Cafe

SS Cafe

Buat sedulur yang hobi ngopi, ada rekomendasi kafe yang asyik di pusat kota Wates, yaitu Sugriwo Subali. Berlokasi di Jalan Bhayangkara Wates, kafe ini menyuguhkan nuansa syahdu untuk bersantai sore. Ditemani segelas kopi yang mengepul, sedulur bisa baca buku atau sekadar ngobrol. Kalau nggak bawa buku pun, sedulur bisa baca buku yang disediakan di rak buku di sini, lho! Tapi, jangan lupa dikembalikan ke rak semula, ya!

Kelir Terkait : Nikmati Pesona Kulon Progo dalam Journey to Kulon Progo

3. Kedai WS

Kedai WS

Cafe satu ini nampaknya jadi lokasi wajib sedulur-sedulur untuk nongkrong di Kota Wates. Ditemani alunan musik dan sepiring kudapan, kamu bisa bersantai dengan membaca buku yang kamu bawa ataupun baca e-book banyak-banyak karena kafe ini menyediakan akses wifi gratis. Kami saranin sih, sedulur datang ke Kedai WS tak lama setelah jam buka yaitu sekitar pukul 10.00 pagi karena suasananya masih sepi. Berbeda dengan sore menuju malam hari yang ramai pengunjung.

4. Alun Alun Wates

Pustaka Pelangi

Alun-Alun Wates merupakan salah satu spot asyik untuk bersantai yang diminati beragam usia. Selain dapat menikmati beragam pilihan kuliner, sedulur bisa baca buku dengan duduk-duduk di bangku taman. Kalau sedulur ingin nostalgia masa sekolah, bisa baca buku sambil duduk di bawah wit ambruk. Tapi nggak disarankan untuk naik ke atas pohon, ya!

5. Taman Wana Winulang

Wana Winulang

Sumber Gambar : HarianJogja.com

Beberapa waktu ini pemerintah Kulon Progo sedang fokus pada pengembangan fasilitas taman sebagai ruang terbuka hijau di beberapa wilayah. Salah satu yang terbaru ialah Taman Wana Winulang yang terletak di sebelah Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kulon Progo. Taman ini dilengkapi dengan beberapa gazebo untuk bersantai. Nah, sedulur yang telah memiliki kartu anggota Perpusda bisa menyempatkan untuk meminjam buku terlebih dahulu, lalu nikmati angin sepoi sambil baca buku di gazebo Taman Wana Winulang. Cihuy!

Adakah lokasi membaca favoritmu belum tercantum pada list di atas? Coba sebutkan di kolom komentar, ya. Yuk, baca buku dan jadikan kegiatan membaca sebagai salah satu gaya hidup positif dulur!

Aksara Lainnya : Napak Tilas dalam Kesunyian Goa Sriti 

Beriklan Disini Beriklan Disini